Januari 07, 2013

I'm Positive 2

Tulisan ini lanjutan dari cerita kehamilan pertama saya..
Perut semakin membesar, semakin galaulah saya. Galaunya sih karena bingung mau melahirkan dimana.
Tempat saya biasa check kandungan harganya selangit, ga masuk ke budget kami. Mau pindah ke tempat lain, takut pelayanan ga oke. duuhh bingung. Akhirnya mulailah perburuan kami.

Waktu minggu ke 23, kebetulan perut saya sakit bukan main. Ngeri sesuatu terjadi sama si jabang bayi, saya priksa di luar jadwal check up. Saya datang ke RS tempat biasa saya priksa. Karena bukan jadwal biasanya, saya bertemu dengan dokter yang berbeda. Oleh beliau saya di palpasi dan di cek detak jantung janin dan ternyata semua ok. posisi bayi masih sungsang. Karena dikawatirkan perut saya kram karena kelelahan, saya dianjurkan untuk bedrest.
Setelah pulang, sakit di perut tak kunjung hilang dan memuncak di malam harinya. Rasa sakit non stop saya rasakan. saya pikir ini bukan kontraksi, tapi lebih mirip sakit maag. 
Besok paginya, saya coba periksa di klinik dekat rumah saya. Klinik ini dikenal cukup bagus. Disini saya minta di USG supaya lebih mantap. Hasilnya kata dokter, bayi saya baik-baik saja, dan si dia ternyata laki-laki.. Yippy!! Anjuran dokter masih sama, Bed Rest! 
Di umurnya yang 23 minggu ini beratnya 780gr. posisi masih melintang dan plasenta masih di bawah. Karena sudah mulai membesar, si dedek agak menekan perut, jadinya asam lambung suka naik. Untuk mama yang sebelum hamil sering terkena mag, keadaan ini akan memperparah maag nya. :'((

Wah kalau plasenta di bawah alamat SC nih.. saya dan suami mencoba berkomunikasi dengan si dedek. Kami memintanya untuk menggeser ''si teman" agar tidak menutup jalan lahir. Minggu ke 27 ini kami priksa di RS pemerintah kota. Judulnya sih nyobain priksa dengan jaminan Askes yang saya miliki. lumayan juga karena bisa gratis tis tis.. 
Hasil komunikasi dengan adek bayi cukup baik loh.. saat checkup posisi plasenta sudah bergeser! wah si adek emang pinterrr banget. Tapi ada tapinya... sekarang posisi pantat yang di bawah. hahahha.. Dokter menganjurkan saya untuk nungging, supaya si adek posisinya berputar.

Kembali kami bisik-bisik ke adek tiap hari sambil saya nungging. Kami memintanya untuk berputar, dengan posisi kepala di bawah. Sekali lagi, si adek membuktikan kalo dia anak yang penurut. Hehehe... saat minggu 31 posisi si adek sudah mapan. Rasanya senang sekali.. bukan hanya karena saya bisa melahirkan dengan alami, tapi juga karena komunikasi dengan si adek berjalan lancar. Terbukti bahwa janin bukan obyek, tapi subyek yang dapat diajak bekerjasama dalam masa kehamilan.

Persoalan selanjutnya adalah masalah hati. saya merasa kurang sreg dengan dokter yang terakhir ini, karena beliau kurang komunikatif. Kalau saya tanya-tanya soal si adek, jawabanya seadanya, tidak detail. saya jadi sungkan mau bertanya dan berdiskusi lebih lanjut. Padahal banyak sekali yang mau saya tanyakan, seperti IMD, Hypnobirthing, dll.
Saya lalu mencari alternatif dokter yang lain. Teman-teman memberi rekomendasi dokter-dokter yang menurut mereka care dan sabar. Ada beberapa, tapi rata-rata ada di RS swasta yang costnya pasti mahal. Maklum.. pengen cari yang ekonomis tapi bagus (maunyaaa!!)
Akhirnya terpilih seorang dokter yang kata banyak orang OK! dan dia praktek juga di RS Pemerintah. Olala.. semoga kita berjodoh ya Dok.. hehehe...

Keadaan kehamilan saya sendiri saat ini, hemm.. sudah sedikit kurang nyaman. karena si adek udah gede, mungkin agak sesak juga buat dia. Tendangan dia sudah bikin nyeri. Saya mulai sering merasa sesak napas saat tidur. Di kantor juga gampang sekali pegal di punggung. Sendi-sendi juga mudah menjadi pegal linu. Apalagi awal bulan ke 8, saya pilek. duuuh penderitaan saya lengkap sekali. Tapi gapapalah, sebentar lagi saya bisa bertemu si adek kecil. :)