April 12, 2012

Bubur Ayam Artificial

     Waktu saya tinggal di Jakarta dulu -mencari sesuap nasi, sebongkah berlian-, ada tukang bubur ayam keliling naek motor. Jadi disana biasanya tukang bubur ayam pake gerobak dorong, tapi si abang yang satu ini ngidernya pake motor. Nah, bubur ayam yang dia jual juga beda ama yang biasanya, bubur ayam ini versi china. Kenapa versi China? karena dia pake kecap asin, tongcai dan cakwe. Rasanya yahuuuuuddd banget. Dan sampe sekarang masih keinget kelezatanya.. #lebay

Dan kasihannya saya adalah di Jogja susaaaahh banget nyari yang begini. Alhasil saya harus mengerahkan segala kreativitas untuk membuatnya sendiri.Trus masalah juga ga brenti disitu aja... karena suami vegetarian, saya juga harus mikirin bikin bubur yang dia juga bisa makan...

So, saya bikin bubur ayam artificial, alias bubur ayam bo'ong bo'ongan..


 Buat yang mau cobain, ini saya bagi receipnya..

Bahan:
· ¼ kg beras, dicuci bersih
· 1 liter air
· ½ sdt merica halus
· garam secukupnya

Bahan Pelengkap:
· 5 buah pangsit goreng
· 2 sdm daun bawang
· 2 sdm seledri
· 1 sdm bawang goreng
· kecap asin
· jamur tiram
· kedelai goreng

Cara Membuat:
· Masak beras dengan 1 liter air dan sedikit garam, masukkan merica, aduk rata sampai menjadi bubur
· Cuci jamur dan bumbui dengan garam dan merica secukupnya.
· Suwir-suwir jamur dan goreng hingga kecoklatan.

Cara Menghidangkan:
· Siapkan mangkok, Tuang bubur panas-panas kemudian beri kecap asin sesuai selera
· Taburi jamur, kedelai goreng, daun bawang, seledri, dan pangsit goreng.
· Jangan lupa taburi bawang goreng.

Untuk 4-5 orang.

Selamat mencobaa..